Senin, 28 Maret 2011

INTERNET BANKING

IB (internet banking) adalah suatu sistem dimana nasabah dapat mengakses  rekening (Account) dan Informasi umum tentang  produk dan pelayanan Bank melalui PC atau alat lainnya.
Layanan IB menggunakan fasilitas yang ada dari Web


Menurut Handbook IB, jenis IB:
1. Informational
Hanya memberikan layanan informasi tentang produk dan layanan bank
2. Communicative
Memberikan interaktif antara nasabah dan sistem yang ada, terbatas pada layanan electronic mail
3. Transactional
Nasabah dapat melakukan transaksi melalui jaringan yang dibangun


Pengelola atau penyedia jasa IB:
1. Bank (In House)
Pihak bank mengelola sendiri IB dengan memanfaatkan Sumber Daya yang ada
2. Pihak Luar (OutSourcing)
Pengelolaan IB diserahkan apda pihak lain dengan pengawasan dari Pihak Bank

Keunggulan  yang dirasakan oleh nasabah dan pihak
bank dengan adanya IB :
1. Konektivitas dan jangkauan Global
2. Akses 24 Jam
3. Kecepatan
4. Kenyamanan
5. Kemudahan Akses
6. Biaya Relatif murah
7. Interaktivitas dan Flesibilitas

Minggu, 27 Maret 2011

ATM

 

ATM  singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris  Automated Teller Machine adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

Jenis ATM menurut fisiknya, dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
1.  Menempel pada dinding.
2.  Berdiri sendiri dalam satu kesatuan.
a. On Premise ATM.
Yaitu mesin ATM yang berada pada gedung yang sama dengan bank yang bersangkutan
b. Off Premise ATM
Yaitu mesin ATM yang berada di luar gedung bank yang bersangkutan atau di tempat-tempat umum

Jenis ATM berdasarkan transaksinya (Menurut BCA)
1. ATM BCA Multifungsi : berbagai Transaksi perbankan
2. ATM BCA Tarik Tunai
3. ATM BCA Non-Tunai
4. ATM BCA Setoran Tunai

Sistem Pengoperasian ATM adalah sebagai berikut:
1. Pengoperasian secara off-line
Mesin ATM tersebut tidak dihubungkan dengan
komputer sentral tetapi mesin tersebut beroperasi
tersendiri
2. Pengoperasian secara on-line.
pengoperasian mesin ATM yang membutuhkan
saluran komunikasi dan komputer sentral yang
beroperasi secara 24 jam terus-menerus.
3. Pengoperasian ATM Bersama.


dalam penyedia ATM, ada 2 strategi ATM :
1. Jaringan kerja milik sendiri
Bank membeli / menyewa ATM, membeli software
/ membuat, memasang sistem, memasarkan dan
mengeluarkan kartu disain yang dilakukan sendiri
2. Jaringan kerja ATM berbagi
ATM dimiliki dan dioperasikan oleh lembaga
keuangan lain
•Joint-ventura
•Pihak ketiga

Keunggulan adanya ATM bagi nasabah dan Bank :
1. Menghemat waktu
2. Mudah dijangkau
3. Biaya relatif murah










Senin, 14 Maret 2011

Bank

kalau sudah bicara Bank, pasti yang terbayang adalah uang. Sama halnya dengan seorang anak kecil kalau sudah berbicara celengan pasti berkaitan dengan uang. Pengertian Bank itu sendiri secara umum sebagai gedung penyimpanan uang. Sama fungsinya dengan celengan dan dompet, sebagai tempat penyimpanan uang.
Kenapa Manusia modern saat ini lebih memilih menyimpan uang dalam jumlah besar di Bank dari pada di Dompet,lemari,atau celengan?
Tujuan manusia modern menyimpan uang di Bank ada berbagai kemungkinan.

  1. Biar di bilang modern
  2. Sadar akan keamanan yang di sediakan Bank dari pada menyimpan dalam lemari.
  3. Mendapatkan keuntungan.
Terkadang manusia suka ikut-ikutan biar di bilang modern, tapi perlu kita sadari menabung atau menyimpan uang di Bank memiliki banyak keuntungannya. Keuntungan Menabung di Bank:
  1. Uang kita akan aman.
  2. Uang kita bermanfaat bagi orang lain
  3. Mendapatkan Laba
  4. Dan lain-lain..
Sudahkah anda menabung di Bank??
Mari budayakan menabung....

Pengikut